IKLAN

Pelatihan
&
Jasa Setting Proxy High Perfomance

Di Jamin Youtube tercache & Game online terupdate cepat
  • Pelatihan & Setting On the site
Mobile Phone:085868788968
Pin BB:52595EA2
BUTUH MOBIL BARU/BEKAS?

DP minimal 30 % dari harga mobil baru atau bekas. Syarat untuk karyawan/pns: Fotokopi KTP pemohon, Kartu Keluarga, Rincian Gaji, Rekening Listrik, Surat/Akta nikah, Telepon, PDAM, PBB, Rekening Tabungan & NPWP
Syarat untuk wiraswata:Plus SIUP/TDP, Laporan keuangan terakhir
Contact Person : Eka (082227594993)
Pin BB : 52595EA2

Jasa Pembuatan RT RW Net dan Warnet

Modal Hanya 5 JT-an..!!!

Meliputi:

=>Radio Access Point TP-LINK

=>Antena OMNI

=>Pigtail

=>Kabel UTP 25 meter

=>CPU P3 Mikrotik 2nd, CPU Dual COre Proxy Server 2nd dan Tower 3 Pipa Galvanis

Keuntungan

=>Lebih Murah dalam 1 paket komplit

=>RT/RW-Net Siap Pakai

=>PJK akan membantu promosi

Call/SMS = 085868788968
Pin BB :52595EA2


SEWA MOBIL PEKALONGAN DAN BATANG
Sewa/Carter Mobil Dalam Kota / Luar Kota (Se-Jawa) + Sopir.
Hubungi: Eka HP: 085868788968 / 082227594993
Pin BB : 52595EA2
Alamat:
Jl. Akasia Raya No.5 Perumahan Kalisalak Batang
Jl. Trapesium 3 No.15 Perumahan Limas Indah Pekalongan


SPACE INI DI SEWAKAN UNTUK IKLAN

Hubungi :

Mobile Phone:085868788968
Pin BB:52595EA2




Popular Posts

Home » » Konfigurasi Proxy Debian (Squid 2.6)

Konfigurasi Proxy Debian (Squid 2.6)

Untuk konfigurasi kali agak sedikit berbeda dengan sebelumnya, salah satu paket yang paling terkenal untuk membuat proxy server adalah Squid. Karena perkembangan zaman, maka squidpun terus dikembangkan. begitu banyak dari versi squid pada saat ini. Dan konfigurasi tiap versi squidpun sedikit berbeda. Versi squid yang kami gunakan kali ini adalah 2.6.
Sebenarnya begitu singkat, tetapi ini penting sekali untuk mensupport sebuah proxy server yang transparan (proxy yang bisa secara otomatis masuk pada client tanpa harus melakukan pengaturan pada client). jika kita menginginkan proxy tersebut tidak berjalan secara transparant (harus melakukan pengaturan pada setiap client) maka kita bisa menaruh posisi proxy server tersebut di sembarang posisi (tidak harus berada di tengah-tengah Internet dengan Client).
Nama Paket :
squid
Instalasi :

# apt-get install squid


pada saat proses instalasi anda akan diminta untuk memasukkan CD-debian-disc-5 (jika repository kita adalah CD)
Konfigurasi :
File utama konfigurasi dari squid terletak pada file "/etc/squid/squid.conf", oleh karena itu edit file tersebut. disini kita bisa dengan menggunakan nano.

# nano /etc/squid/squid.conf


Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pengubahan konfigurasi pada squid adalah beberapa parameter dasar dibawah ini.

http_port 3128
cache_mem 8 MB
cache_access_log /var/log/squid/access.log
cache_mgr webmaster


Jika kita menginginkan untuk mentransparenkan proxy server kita, maka cari dan tambahkan parameter transparent seperti dibawah ini.

http_port 3128 transparent


Untuk pengaturan "Site/URL management", maka masukkan parameter acl (access control list) dan juga http_access seperti berikut.

acl domain dstdomain "/etc/domain.blok"
http_access deny domain


Dan satu tambahan lagi, yaitu untuk pengaturan cache (cache management) kita perlu mengkonfigurasi parameter dibawah ini

cache_dir ufs /var/spool/squid 100 16 256


Perlu kita ingat, bahwa letak susunan parameter ini sangat berpengaruh, jadi parameter yang ada dibawah, harus berada dibawah.
Setelah squid kita konfigurasi dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan kita, maka kita harus merestart squid, perintahnya adalah sebagai berikut.

# /etc/init.d/squid restart


Tidak hanya melakukan konfigurasi teresebut, kita juga harus melakukan pengaturan pada firewall supaya melakukan pembelokan port yang direquest client masuk pada port yang digunakan squid. Masukkan perintah berikut.

# iptables -t nat -A PREROUTING –i eth0 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-port 3128


perintah ini akan hilang jika server kita restart, oleh karena itu masukkan perintah diatas pada file yang dieksekusi oleh server pada saat booting awal. Misalnya kita include kan pada file “/etc/init.d/inetd” sebelum parameter “exit 0”.
Untuk pengetesan sebuah proxy server, kita bisa memonitor file "/var/log/squid/access.log" dengan menggunakan perintah tail. Perintahnya adalah sebagai berikut.

# tail -f /var/log/squid/access.log


Masukkan perintah ini tersebih dahulu, kemudian biarkan dan coba aksek internet lewat client, jika ada perubahan/update pada file log ini, berarti proxy server yang kita buat ini telah berhasil.